Selasa, 01 Desember 2009

Sosial Gotong royong di Indonesia



Gotong royong merupakan salah satu ciri khas bangsa Indonesia. sebagaimana yang tertuang dalam pancasila yaitu sila ke- 3 “Persatuan Indonesia”. Perilaku gotong royong yang telah dimiliki Bangsa Indonesia sejak dahulu kala. Gotong royong merupakan keperibadian bangsa dan merupakan budaya yang telah berakar kuat dalam kehidupan masyarakat. Gotong royong tumbuh dari kita sendiri, prilaku dari masyarakat.

Namun seiring dengan waktu yang berjalan, perilaku kegotong royongan mulai memudar akibat pengaruh dari budaya luar yang tidak sesuai dengan kepribadian bangsa Indonesia.

Gotong royong adalah suatu kegiatan yang dilakukan secara bersama-sama dan bersifat suka rela agar kegiatan yang dikerjakan dapat berjalan dengan lancar, mudah dan ringan. Contoh kegiatan yang dapat dilakukan secara bergotong royong antara lain pembangunan fasilitas umum dan membersihkan lingkungan sekitar.

Banyak sekali hal positif yang didapat dalam gotong royong, seperti dapat mempererat persaudaraan dalam bermasyarakat. Dapat menjalin hubungan yang lebih baik, serta segala sesuatu yang dikerjakan secara bergotong-royong akan lebih cepat selesai.

Maka dari itu untuk menjaga dan memelihara agar gotong royong ini tetap ada, hidup bermasyarakat tidak boleh ditinggalkan.

Sumber Foto: www.google.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar