Senin, 12 Oktober 2009

Budaya Barongsai Yang Ada di Indonesia


Barongsai telah menjadi bagian dari keanekaragaman budaya bangsa Indonesia. Sebagai produk budaya, Barongsai tidak hanya berfungsi sebagai sebuah karya seni namun juga sebagai sebuah ritual yang dilekatkan dengan Agama Khonghucu. Anggapan ini didasarkan pada induk dari budaya Barongsai itu sendiri, yaitu budaya Tionghoa. Sedangkan masyarakat Tionghoa di Indonesia sering diianggap sebagai penganut ajaran Khonghucu, mengingat agama tersebut merupakan agama yang cukup banyak di Tionghoa.

Budaya Barongsai ini berusaha memperlihatkan prosesi ritual Barongsai dari awal hingga akhir. Tidak hanya itu, ritual Barongsai ini juga bermakna baik bagi para pemainnya maupun bagi umat khonghucu. Ritual Barongsai sebagai sebuah keterkaitan antara berbagai aspek, terutama unsur-unsur budaya dan agama.

Barongsai merupakan budaya asli Tionghoa yang masuk ke Indonesia karena dibawa oleh masyarakat Tionghoa Totok. Proses migrasi dan transfer budaya ini telah terjadi sejak ratusan tahun yang lalu. Pada masa orde baru pemerintah Indonesia melarang orang-orang Tionghoa untuk berkembang baik Agama dan budaya. Barongsai adalah salah satu budaya yang tetap eksis dan mulai terorganisasikan dengan baik serta semakin mendapatkan kebebasan berekspresi.

Budaya Barongsai ini mempunyai dua karakter bentuk binatang yaitu; binatang Naga dan binatang Anjing.Barongsai itu bentuk bagian kepalanya terbuat dari rotan dan bentuk badannya terbuat dari kain-kain yang udah dipadu dengan pernak-pernik yang lain.Budaya Barongsai sering dijumpai di daerah seperti; Bangka Belitung, Pulau Kalimantan, Jambi, Bengkulu, Palembang, Jakarta, dll.Dalam Budaya Barongsai mempunyai banyak peran seperti; sebagai pemain Barongsai, pemain gendang, pemain gong, mengatur jalannya permainan Barongsai, dll. Budaya Barongsai ini sering juga dimainkan oleh anak-anak yang kebanyakan anak-anaknya sudah dilatih dulu sebelum ditampilkan dalam suatu acara.

Proses ritual Barongsai meliputi tahap persiapan, tahap pelaksanaan, hingga tahap penutup. Makna ritual Barongsai adalah sebagai sarana meningkatkan kerjasama, meningkatkan kreatifitas, saling menghargai dan menghormati, mengukir prestasi, mengusir roh jahat, serta untuk melestarikan budaya leluhur. Satu makna yang juga sangat penting adalah bahwa ritual Barongsai merupakan ungkapan syukur kepada Thian atas anugerah yang diberikanNya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar